--> Tips Agar Tidak Di Bully Ketika Bertanya di Forum atau Komunitas | Kuliah Online IT

Saturday, April 16, 2016

Tips Agar Tidak Di Bully Ketika Bertanya di Forum atau Komunitas

| Saturday, April 16, 2016
Assalamu’alaikum wr.wb ..
Ogenki Desuka minna .?

Akan ada saatnya dimana ketika minna ingin menyelesaikan suatu masalah namun terdapat kendala sehingga akan mengalami kebingungan . Sumber referensi  yang minna punya kaga menghasilkan solusi, mencoba keliling di google namun belum juga mendapatkan pencerahannya, malah tambah pusing. Mau bertanya ke nakama (teman), ternyata juga masih belum menemukan jawabannya Alhasil masalahnya kaga selesai-selesai, stuck kaga bisa kemana-mana.

Kalau sudah seperti itu, jangan menyerah dulu, minna tidak perlu khawatir karena masih banyak jalan menuju ke Roma atau masih ada cara lain yang bisa minna manfaatkan untuk mencari solusi dari masalah yang minna hadapi, yosh caranya dengan memanfaatkan kekuatan komunitas didunia maya. Ada begitu banyak forum atau komunitas didunia ini, baik itu yang official maupun yang non official. Saya sendiri sudah bergabung dengan beberapa komunitas didunia ini, dan saya sangat menyarankan agar minna yang sedang mempelajari atau mendalami sesuatu hal ikut bergabung kedalam forum-forumnya untuk belajar bersama-sama. 

Manusia adalah makhluk social yang sangat mustahil untuk hidup secara individual, dengan bergabung di forum atau komunitas yang minna sukai, minna bisa mendapatkan banyak keuntungan, mulai dari mendapatkan akses informasi terbaru terkait pembahasan sesuai dengan forum yang minna ikuti dan juga dapat bertanya kepada member lain jika minna mengalami stuck pada kasus yang minna alami. Karena didunia tersebut minna tidak sendiri lho, banyak nakama yang mungkin pernah mengalami kebingungan yang sama jauh lebih dulu daripada kebingungan yang minna alami. Namun berkat bergabung diforum dan mendapatkan pencerahan dari member lainnya di group tersebut, mereka akhirnya telah menemukan solusi dari masalah-masalah tersebut. Dengan demikian, semoga member yang telah lebih dulu mengalami kesulitan dengan kasus yang sama mau berbagi pengalaman untuk memberikan solusi kepada minna.

Namun ada hal yang perlu diperhatikan ketika minna bergabung dengan komunitas, sama halnya dengan di dunia nyata ketika bergabung dengan komunitas, yaitu minna harus berinteraksi dengan banyak orang baru dan ketika minna berinteraksi dengan orang-orang baru itu akan jauh berbeda dengan ketika minna berinteraksi dengan teman, sahabat ataupun dengan orang yang minna kenal. Karena saat berinteraksi dengan orang lain akan ada variable seperi perasaan, ego yang harus minna perhatikan, beda halnya dengan berinteraksi dengan orang yang akrab dengan minna, minna bebas bertanya sekaligus melakukan candaan. Tidak sedikit member  diforum-forum yang bertanya, namun bukannya mendapatkan jawaban justru malah di bully member lainnya. Tidak sedikit juga yang mencoba berbagi informasi diforum tersebut malah mendapatkan olok-olok. Itulah kenapa berinteraksi dengan orang baru akan sangat berbeda dengan saat minna berinteraksi dengan teman.

Tips Agar Tidak Di Bully Ketika Bertanya di Forum atau Komunitas
Tips Agar Tidak Di Bully Ketika Bertanya di Forum atau Komunitas

Untuk itu, saya akan sedikit berbagi beberapa tips yang minna bisa perhatikan dan terapkan ketika bertanya diforum-forum, agar minna mendapatkan solusi bukannya menjadi target bully member lainnya.

1.    Bertanyalah dengan Santun
Pada dasarnya ketika minna bertanya di forum agar mendapatkan solusi dari masalah yang dihadapi, sebenarnya minna sedang membutuhkan pertolongan dan meminta bantuan. Minna berharap ada member lain yang berbaik hati mau menjawab pertanyaan tersebut. Maka dari itu, bertanyalah dengan santun jika diperlukan ucapkan salam terlebih dahulu agar orang mau berbaik hati menjawab pertanyaan minna.

2.    Bertanyalah dengan Jelas
Terkadang ada member yang mengetahui jawaban dari pertanyaan yang minna berikan dan sebenarnya berniat untuk memberikan bantuan, namun karena dia kebingungan dengan pertanyaan yang minna berikan sehingga membatalkan untuk mengomentari atau meberikan jawaban dari pertanyaan tersebut. Bertanyalah dengan jelas menggunakan bahasa yang sederhana atau bahasa Indonesia yang baik dan benar dan tidak berbelit-belit. Minimalisir menyingkat kata, hindari penggunaan font huruf yang sulit untuk dibaca , jangan menggunakan bahasa alay dan lain sebagainya.

3.    Berusahalah Mencari Solusi Terlebih Dahulu
Ingat ada begitu banyak solusi ketika minna mengalami masalah sebelum bertanya di forum atau komunitas. Ada baiknya sebelum bertanya diforum, minna terlebih dahulu mencari solusinya sendiri. Contohnya dengan memanfaatkan mesin pencari atau melihat-lihat terlebih dahulu pertanyaan dari member lain, mungkin saja ada yang pernah menanyakan hal yang sama dengan yang minna tanyakan. Contohnya ketika minna bergabung dengan forum atau group info lowongan kerja, ada begitu banyak member lain yang menawarkan lowongan kerja, namun tanpa membaca terlebih dahulu, minna memposting sebuah pertanyaan “ada info lowongan kerja ga buat laki-laki/perempuan .?” bisa dibayangkan kaga gimana perasaan member lainnya melihat pertanyaan seperti itu, minna yang niat bertanyanya baik malah dianggap nyampah.

4.    Jangan Bertanya Hal-hal yang Sangat Mendasar

Pastikan sebelum bertanya sesuatu, itu bukanlah hal yang sangat mendasar yang kalau minna searching di google pasti langsung dapat hasilnya. Contohnya ketika minna ingin bertanya tentang pengertian komputer, padahal jawaban dari pertanyaan tersebut telah terdapat jika minna mau memanfaatkan google sebagai mesin pencari. Ingat hanya mesin pencari yang tidak akan mengeluh saat kita bertanya terus-menerus. Orang lain berpikiran kalau minna tidak mempunyai usaha terlebih dahulu sebelum bertanya. Boleh saja kita newbie dan memang tidak tahu tentang apa-apa, tapi bukan berarti kita tidak mau berusaha mencari tau. Pelajarilah dulu hal-hal yang mendasarnya, sehingga kita tidak perlu merepotkan orang lain untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan kita yang seharusnya kita tau.

5.    Jangan Bertanya Sesuatu yang Menyinggung SARA

Hindarilah kata-kata yang mengandung unsur SARA ketika ingin bertanya. Bahasan SARA merupakan bahasan yang sangat sensitf dan mengundang kontroversi buat member lainnya, bisa-bisa minna akan di bully terlebih dahulu sebelum ditendang keluar dari group “di kick”.

6.    Jangan Repost
Tidak seperti google yang dapat minna tanyakan berulang-ulang kali dengan pertanyaan yang sama, manusia mempunyai sifat jenuh. Ketika minna ingin bertanya pastikan pertanyaan tersebut belum pernah ditanyakan oleh member lainnya di forum tersebut.

7.    Jangan Salah Kamar
Teliti terlebih dahulu sebelum bertanya diforum tersebut, pastikan forum tersebut adalah forum yang benar-benar sesuai dengan pertanyaan yang akan minna ajukan. Pernah ada member yang curhat tentang perasaan putus cintanya dengan kekasihnya digroup PHP, lucunya lagi dianya mengapresiasikan group tersebut karena dihuni oleh ratusan ribu member yang dikiranya pernah mengalami hal yang sama sepertinya sehingga mau berbagi cerita digroup tersebut, dipikirnya group tersebut adalah group tentang PHP (Pemberi Harapan Palsu), usut punya usut ternyata group tersebut adalah forum pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor). Sehingga pertanyaan yang diajukannya mendapatkan ribuan komentar yang bersifat bully bahkan sampai dijadikan gambar meme.
Namun jika hal tersebut merupakan hal yang mendesak dan minna bingung ingin bertanya kemana lagi, maka sebelum memposting pertanyaannya, minna terlebih dahulu memberikan label “OOT (Out of Topic)” pada pertanyaannya dan jangan lupa meminta maaf dan jelaskan kenapa minna sampai mau menanyakan hal yang tidak dibahas pada forum tersebut. Hal ini mungkin akan menimbulkan sikap iba member lain dan mau membantu menyelesaikan masalah yang minna hadapi.

8.    Sertakan Sedikit Informasi Pendukung dari Masalah yang Minna Hadapi

Terkadang pertanyaan yang akan kita ajukan sulit untuk dipahami orang lain jika hanya dengan kata-kata, akan lebih baik jika melampirkan gambar atau hal lainnya. Contohnya pertanyaan tentang desain rumah, akan lebih sulit jika minna menjelaskan pertanyaan seperti ini “gan minta saran donk, saya punya tanah seluas 40mx50m, saya sudah memiliki desain rumah yang akan saya bangun, yaitu 2 kamar seluas xx, dapur seluas xx, marar mandi seluas xx, ruang tamu seluas xx dan blablabla, minta saran donk gan cocoknya buat kolam renang dibagian mana .?” hahaha bakalan kesulitan tuh member lain untuk menjawab pertanyaan tersebut,  akan lebih baik untuk mencantumkan desain yang minna buat untuk lebih memudahkan member lainnya memberikan solusi.

9.    Berterimakasih

Ketika minna mengalami kesulitan dan ada member lain yang berbaik hati menolong minna, maka sudah selayaknyalah minna mengucapkan terimakasih kepada orang tersebut. Tunjukan rasa respect minna. Jika memungkinkan untuk memberikan respect secara personal itu akan lebih baik. Pada dasarnya setiap orang ingin dihargai atas apa yang mereka lakukan, termasuk dalam membantu kita, walaupun mungkin mereka tidak akan minta.

Mari kita budayakan saling membantu. Kita tentu saja tidak tau kapan kita akan membutuhkan bantuan orang lain, tapi jika kita terbiasa membantu orang lain, maka ketika kita membutuhkan bantuan orang lain, orang lain akan dengan senang hati membantu kita.

Demikian beberapa tips dari saya, mudah-mudahan bermanfaat buat minna.

Silahkan baca juga artikel saya lainnya yaitu Sarjana Komputer Tidak Bisa Coding, Salah Siapa .?

Terimakasih, Ganbatte kudasai ^_^

Related Posts

20 comments:

  1. betul juga nihh, thanks tipsnya gan :)

    ReplyDelete
  2. kadang udah sopan, tapi ada aja yang ngebully :(

    ReplyDelete
  3. Nomor 1 tuh yg kadang nyebelin :( udah baik2 malah di kesel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang sabar ya, mungkin masih kena pelanggaran poin 2-9 :p

      Delete
  4. ga enak juga memang kalau di bully bisa makan hati, kalau saya sih mending googling dulu, kalau mentok baru tanya di forum

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama gan saya juga gitu sebelum bertanya diforum, saya juga pernah dibully karena udah dijelasin tapi ga ngerti", nyesek bnget :D

      Delete
  5. ane salah satu korban sering buly....
    rasanya sakit...pengen tak bales

    by dedi mekanikmitsubishi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama gan, saya juga pernah dibully tapi tidak sering sih ..
      kaga usah balas dendam gan, kaga ada untungnya ..

      Delete
  6. Replies
    1. sabar gan, mungkin ada pelanggaran kenapa agan sampai dibully .. :D

      Delete
  7. yang penting sih pake bahasa yang sopan

    ReplyDelete
  8. Smart question = smart answer
    Betul gak ???

    ReplyDelete
  9. Smart question = smart answer
    Betul gak ???

    ReplyDelete