--> Menyulap Kaos Kaki Dengan Modal Rp.100.000, Menjadi Boneka Unik Dengan Omzet Penjualan Rp.30 Juta/Bulan | Kuliah Online IT

Wednesday, April 27, 2016

Menyulap Kaos Kaki Dengan Modal Rp.100.000, Menjadi Boneka Unik Dengan Omzet Penjualan Rp.30 Juta/Bulan

| Wednesday, April 27, 2016
Lia Nirawati adalah sang creator lahirnya boneka unik dari kaos kaki ini, ada Genny si Kucing, Punpun Kelinci, Ollisi Burung Hantu, Momon sang Kera dan masih banyak lainnya. Insiprasi membuat boneka kaos kaki datang ketika ia membelikan beberapa pasang kaos kaki untuk buah hatinya. Namun rupanya sang anak tidak suka modelnya. Sayang tidak terpakai , Lia lalu berpikir untuk menyulap kaos kaki anaknya menjadi boneka.
Boneka dari Kaos Kaki 1
Boneka dari Kaos Kaki

“Saya suka dari bahannya, karena dari kaos kaki itu sendiri kan bulat, jadi ngga harus bikin jahitan lagi, kita hanya memanfaatkan bulatan kaos kaki itu sendiri” ujar Lia ketika diwawancara oleh salah satu stasiun tv.


Boneka dari Kaos Kaki 2
Koleksi Boneka dari Kaos Kaki
Bermula dari iseng, wanita yang sempat bekerja dibagian percetakan ini terbilang sukses menjalani usaha dari rumah, apalagi sang buah hati yang masih balita sangat membutuhkan perhatiannya dirumah. 

Membuat boneka dari kaos kaki ternyata terbilang sederhana, bahannya hanya kaos kaki dan busa khusus untuk boneka dan kain flannel untuk aksesoris tambahan, lalu buat pola terlebih dahulu.
Membuat Pola Bomeka Kaos Kaki
Membuat Pola Bomeka Kaos Kaki
Kemudian jahit sepasang kaos kaki menjadi satu dan yang paling penting adalah dengan menggunakan kaos kaki yang masih baru, karena selain bahannya masih bersih, bahannya pun tebal dan kuat. Sedangkan jika menggunakan kaos kaki bekas, bonekanya bisa cepat rusak karena sudah tipis akibat pemakaiannya. Selesai dijahit, isi kaos kaki dengan busa khusus boneka sampai penuh.

Boneka dari Kaos Kaki 3
Proses Menjahit

Kaos kaki yang dipakai harus kaos kaki dari bahan nilon, soalnya kalo kaos kaki dari bahan nilon melarnya hingga dua kali lebih lebas dari kaos kaki normal. Jadi mau diisi busa banyakpun tidak masalah, memang sengaja diisi banyak, supaya jadinya besar-besar. Jika sudah selesai, tahap terakhir tinggal menambahkan aksesoris, buat mata, hidung dan lainnya.
Boneka dari Kaos Kaki 4
Menambahkan Aksesoris

Total ada 30 model yang sudah ia buat, kebanyakan adalah tokoh fiktif atau khayalan anak-anak, untuk memasarkan produknya, wanita kelahiran Riau 27 tahun silam ini memanfaatkan jejaring social seperti Instagram dan Facebook, tidak disangka boneka unik karyanya sudah di eksport kebeberapa Negara, seperti Amerika, Swiss dan Australia.

Hebatnya lagi untuk membuat usaha ini tidak membutuhkan modal besar, cukup dengan Rp.100.000 dalam kurun 6 tahun, Lia mampu meraup omset hingga 30 juta setiap bulan. Adapun sedikit kendala yang dihadapi Lia dalam menjalankan usahanya yaitu terbatasnya model yang bisa ia hasilkan, hanya  boneka bentuk bulat atau oval saja, sedangkan pemilihan motif tergantung pada stok kaos kaki yang tersedia. Selain melayani pembelian secara online, Lia juga membuka outlet dirumah.

Selain berfungsi sebagai pemanis ruangan, boneka ini juga bisa untuk sang buah hati bermain bersama teman-temannya, harganya juga tidak terlalu mahal, dimulai dari Rp.10.000 hingga ratusan ribu rupiah. Selain membuat boneka berukuran besar, Lia juga membuat boneka lucu berbentuk gantungan kunci agar anak-anak selalu terkenang dengan kisah dongeng boneka kaos kaki.

Terimakasih, Ganbatte Kudasai ^_^

Related Posts

No comments:

Post a Comment